Tentang Kami
Peran & Kegiatan

Maksud dan Tujuan serta Kegiatan ASPI

Seperti yang tertera dalam Anggaran Dasar ASPI, maksud dan tujuan ASPI adalah dalam bidang sosial dan idiil, yaitu dengan meningkatkan peran pelaku sistem pembayaran di Indonesia dalam mewujudkan industri sistem pembayaran di Indonesia yang lebih efisien dan menyusun ketentuan yang bersifat mikro dan teknis dalam penyelenggaraan sistem pembayaran.

Untuk mewujudkan maksud dan tujuan tersebut, ASPI menjalankan kegiatan sebagai:

  1. Self Regulatory Organization (SRO) dalam menyusun, menetapkan, mengubah dan/atau mencabut ketentuan yang bersifat mikro dan teknis terkait dengan penyelenggaraan sistem pembayaran bagi anggotanya dengan tetap memperhatikan peraturan perundang-undangan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia dan otoritas terkait lainnya;
  2. Wadah bagi kepentingan segenap pelaku sistem pembayaran di Indonesia dalam penyelenggaraan sistem pembayaran, baik yang terkait dengan hubungan antar anggota ASPI maupun hubungan ASPI dengan Bank Indonesia dan otoritas terkait lainnya;
  3. Perwakilan segenap pelaku sistem pembayaran di Indonesia dalam hubungan dengan lembaga lain di bidang sistem pembayaran pada tingkat regional maupun internasional;
  4. Mitra Bank Indonesia dalam mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran guna mewujudkan sistem pembayaran yang efisien, cepat, aman dan andal;
  5. Pembimbing, pembina dan mediator anggota ASPI dalam mendukung anggota ASPI untuk mewujudkan kelancaran penyelenggaraan sistem pembayaran dan dalam rangka menjaga keharmonisan antar anggota ASPI; dan
  6. Pelaksana penegakan ketentuan yang dikeluarkan oleh ASPI termasuk pengenaan sanksi kepada anggotanya.

Untuk mendukung kelancaran dan memfokuskan kegiatan ASPI sebagaimana dimaksud di atas, maka ASPI juga membentuk komite-komite yang juga didukung oleh keanggotaan komite yang berasal dari perwakilan anggota ASPI sesuai dengan kriteria pelaku bisnis utama serta kompetensi sesuai bidang produk/layanan nya di pasar, dimana masa penugasannya adalah 3 (tiga) tahun sesuai dengan masa tugas kepengurusan Badan Pengurus ASPI dan dapat diperpanjang kembali untuk maksimal 1 periode (3 tahun) berikutnya. Selain itu juga ada penugasan kepada perwakilan anggota ASPI secara ad hoc untuk kegiatan atau aktivitas tertentu di working group komite.

: Gd. Graha Mandiri Lt. 26, Jl. Imam Bonjol 61, Jakarta Pusat

: sekretariat@aspi-indonesia.or.id ; : (62-21) 230 0393

: (62-21) 230 1947 / (62-21) 230 1829

Copyright © 2017 Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia - ASPI