Tentang Kami
Kepengurusan

Badan Pengawas

Kartika Wirjoatmodjo
Ketua
Kresno Sediarsi
Anggota
Susy Liestiowaty
Anggota
Batara Sianturi
Anggota
Indra Utoyo
Anggota

Badan Pengurus

Anggoro Eko Cahyo
Ketua Umum
Rico Usthavia Frans
Wakil Ketua Umum
Sis Apik Wijayanto
Sekretaris Jenderal
Abraham J. Adriaansz
Wakil Sekretaris Jenderal
Sigit Prastowo
Bendahara
Dian Fithri Fadhila F.
Wakil Bendahara
Ari Yanuanto Asah
Ketua Komite I (BI-RTGS, SKN-BI, BI-SSSS, dan Valas)
Bambang Karsono Adi
Ketua Komite II (Alat Pembayaran Menggunakan Kartu – APMK)
Djumariah Tenteram
Ketua Komite III (Uang Elektronik / e-Money)
Nizarwan Nawas
Ketua Komite IV (Kegiatan usaha Pengiriman Uang – KUPU)
Timothy Utama
Ketua Komite V (Electronic Banking)
Ery Punta
Ketua Komite VI (Infrastruktur dan Teknologi Sistem Pembayaran)
Santoso Liem
Ketua Komite VII (Pengelola Standar)

Pelaksana Operasional

Susiana Suhendra
Direktur Eksekutif

Komite – Komite (2016 - 2019)

Saat ini ASPI memiliki 7 (tujuh) Komite dan masing-masing komite ini dipimpin oleh 1 (satu) perwakilan Badan Pengurus ASPI sebagai ketua komite, serta didukung oleh beberapa anggota yang merupakan perwakilan anggota ASPI. Keanggotaan komite tersebut terdiri dari Perusahaan Switching, Bank Buku 1, Buku 2, Buku 3, Buku 4, BPD, dan Bank Syariah. Komite-komite tersebut adalah :

1 )    Komite I - ASPI
Komite ini membidangi kegiatan yang berhubungan dengan Transfer Dana, pembayaran dan penyelesaian transaksi yang diproses melalui sistem Real Time Gross Settlement (RTGS), Scripless Securities Settlement System (S-4), Sistem Kliring Nasional (SKN), serta Transfer Dana dalam Valuta Asing.

2 )    Komite II - ASPI
Komite ini membidangi kegiatan yang berhubungan dengan penyelenggaraan sistem Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu (APMK) termasuk kegiatan sebagai Issuer (Penerbit), Acquirer (Penerima), Prinsipal, Penyelenggara Kliring dan/atau Penyelenggara Penyelesaian Akhir.

3 )    Komite III - ASPI
Komite ini membidangi kegiatan yang berhubungan dengan penyelenggaraan sistem Uang Elektronik berbasis kartu chip (chip based e-money) maupun Uang Elektronik yang berbasis server (server based)

4 )    Komite IV – ASPI
Komite ini membidangi kegiatan yang berhubungan dengan penyelenggaraan sistem Kegiatan Usaha Pengiriman Uang (KUPU) atau Money Remittance dan termasuk kegiatan sebagai Pengirim, Penerima, Penyelenggara Pengiriman Uang baik Bank maupun Non Bank, Agen Pengirim, Agen Penerima, dan Money Transfer Operator.

5 )    Komite V – ASPI
Komite ini membidangi kegiatan yang berhubungan dengan penyelenggaraan sistem Electronic Banking (e-Banking) terutama dari sisi jaringan (channel) Acquirer seperti ATM, EDC, Mobile Banking, Internet Banking dan Phone Banking.

6 )    Komite VI – ASPI
Komite ini membidangi pengembangan Infrastruktur dan Teknologi Sistem Pembayaran yang meliputi kegiatan pengembangan inovasi channel baru di industri sistem pembayaran, diantaranya e-Commerce, Financial Technology (Fintech), dan sebagainya.

7 )    Komite VII – ASPI
Komite ini  membidangi kegiatan sehubungan dengan Pengelolaan Standar, yang disetujui oleh anggota ASPI melalui RUALB ASPI pada 7 April 2016 dan. Komite ini dibentuk untuk menjalankan tugas sebagai Pengelola Standar teknologi chip untuk kartu ATM dan/atau Debet sesuai ketentuan yang tercantum pada SE-BI No. 17/52/DKSP yang dikeluarkan pada 30 Desember 2015.

: Gd. Graha Mandiri Lt. 26, Jl. Imam Bonjol 61 Jakarta Pusat

: sekretariat@aspi-indonesia.or.id ; : (62-21) 230 0393

: (62-21) 230 1947 / (62-21) 230 1829

Copyright © 2017 Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia - ASPI